Get Rich Quick Scheme

Get Rich Quick Scheme
Skema cepat kaya merupakan skema di mana sejumlah uang akan disimpan atau diinvestasikan ke penyelenggara dengan janji dan persyaratan bahwa uang deposit tersebut akan dikembalikan kembali dengan keuntungan, biasanya lebih tinggi dari apa yang diberikan oleh lembaga keuangan resmi.

Sabtu, 10 September 2011

HYIP (High-yield investment program) 6 - 高收益投资 - 高收益投資 - Gāo shōuyì tóuzī

HYIP (High-yield investment program) 6 - 高收益投资 - 高收益投資 - Gāo shōuyì tóuzī



Tipe-Tipe Investor di HYIP


Di dunia ini ada banyak tipe-tipe manusia. Begitu pula di HYIP. Banyak tipe-tipe pemain di HYIP dan semuanya menuju ke satu tipe sempurna yang diidam-idamkan. Tipe-tipe investor di HYIP ini saya buat bukan mau mengelompok-kelompokan atau membagi-bagi orang-orang tersebut, tetapi sebenarnya tipe-tipe ini adalah suatu proses pembelajaran menuju yang lebih baik. Baik, mari kita mulai:


Tipe Pemula/Iseng
Semua orang pasti mengalami menjadi seorang pemula. Dalam tahap ini orang akan mencoba dan mencoba dalam tahap pembelajaran. Di HYIP orang tipe ini adalah orang yang pertama mengenal HYIP dan ingin mencobanya. Mereka biasanya hanya bermain dengan modal kecil (tidak lebih dari US$50) dan mencoba 1 atau 2 program HYIP (dan tidak lebih).

Mereka hanya mencoba menanamkan modal dengan nilai investasi minimum dan dengan jangka waktu yang pendek. Setelah menunggu sampai batas waktu tercapai dan mendapatkan uang, mereka biasanya semakin penasaran dan mencoba program HYIP yang sama. Tipe-tipe pemula penasaran ini biasanya akan berevolusi ke tahapan selanjutnya yaitu Tipe Maniak.

Tipe Maniak
Tipe ini adalah evolusi tipe sebelumnya. Berawal dengan keisengan dan berhasil mendapatkan keuntungan, akhirnya investor ini bermain dengan modal yang lebih besar. Yang ada di pikirannya adalah investasi dan investasi. Yang ada di otaknya adalah bagaimana dia bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, makanya yang ada di otaknya hanya saya harus invest dan invest.

Tanpa banyak pertimbangan dan informasi, investor ini menanamkan modalnya sesuka hatinya. Dia tidak punya target tetapi hanya punya angan-angan akan mendapatkan keuntungan segini dan segini. Inilah yang bahaya, tipe investor ini biasanya akan rugi banyak. Kenapa? Karena dia tidak melihat apakah situs HYIP itu memang membayar atau tidak, apakah bunga yang ditawarkan rasional atau tidak? Tipe-tipe investor ini harus dijauhi dan jangan sampai bila kita terjun ke bisnis HYIP kita jadi tipe yang seperti ini.

Tipe investor ini biasanya baru sadar bila dia merasa sudah kehilangan banyak. Setelah kehilangan banyak uang, tipe investor yang belum kapok akan berubah menjadi 2 tipe berbeda, yaitu Tipe Hati-Hati dan Tipe Hit & Run.

Tipe Hati-Hati
Tipe ini adalah tipe yang paling banyak terbentuk dari hasil evolusi Tipe Maniak. Setelah rugi banyak, baru dia berhati-hati menanamkan modalnya. Biasanya tipe ini mulai dengan modal yang tidak sedikit. Tipe investor ini terlihat sangat teliti dan hati. Dia membaca setiap detil informasi di forum, situs-situs berita HYIP dan situs monitoring HYIP.

Dalam hal investasi, tipe ini tidak menanamkan 100% modal yang dimilikinya. Dia hanya bermain sekitar 50 - 70% modalnya. Sisanya? Disimpan di rekening e-currencynya buat jaga-jaga terkena spam. Tipe ini menjadi paranoid terhadap penipuan, hasilnya dia menginvestasikan di program-program HYIP yang sudah terpercaya dan tidak mau bermain di program-program HYIP baru atau yang masih seumur jagung. Hasil yang didapat dari investasinya cenderung kecil, karena tipe ini hatinya masih ragu untuk bermain di HYIP secara total (karena takut terkena penipuan lagi).

Tipe Hit & Run
Berawal dari ketidak percayaan terhadap bisnis HYIP sebelumnya, beberapa Tipe Maniak juga berevolusi menjadi Tipe Hit & Run. Bila Tipe Hati-Hati cenderung berhati-hati dengan program-program HYIP, tidak begitu dengan tipe ini.

Sama dengan Tipe Hati-Hati, tipe yang satu ini juga bermain dengan modal besar. Perbedaannnya, dia menginvestasikan seluruh (baca: 100%) modalnya di beberapa situs HYIP. Apa bedanya dengan Tipe Maniak? Tipe ini hanya memainkan modalnya satu kali di satu program HYIP. Artinya, setelah dia mendapatkan kembali modal dan/atau berikut bunganya, dia tidak lagi turut di program HYIP tersebut dan berpindah ke program HYIP lain. Jadi istilahnya sekali ikut, haram hukumnya ikut lagi (istilah ekonominya sekali pakai langsung buang).

Bagaimana bila semua program HYIP diinternet sudah dia ikuti semua? Tidak perlu berkecil hati, hampir setiap minggu selalu muncul program HYIP baru. Kalau tidak percaya silahkan lihat di sumber-sumber referensi HYIP terpercaya :D

Tipe Profesional
Tipe ini merupakan gabungan dari 2 evolusi Tipe Maniak. Tipe Hati-Hati merasa kurang juga karena penghasilannya segitu-segitu saja (namanya juga manusia), sedang Tipe Hit & Run juga merasa tidak wise selalu Hit & Run. Maka, berbekal pengalaman dari pengalaman bermain HYIP (baik berbuah untung maupun tertipu), kedua tipe tadi ber-fusion dan menjelma menjadi pemain HYIP yang profesional.

Tipe ini memainkan sebagian modalnya di program HYIP terpercaya sebagai stable income dan memainkan sebagian modalnya dengan sistem Hit & Run juga sebagai variable income. Besaran modal yang dimainkan untuk stable dan variable income kembali ke masing-masing investor.

Bagaimana dengan saya? Untuk Tipe Pemula/Iseng pernah saya jalani sekitar 1-2 tahun yang lalu, dan akhirnya saya berevolusi menjadi Tipe Maniak dengan menelan kerugian beberapa ratus US$ (kalau perlu screenshotnya bisa saya paparkan disini :D), tapi kemudian saya berevolusi menjadi Tipe Profesional. Bagaimana dengan Tipe Hati-Hati dan Hit & Run? Setelah menyadari saya rugi banyak, saya kemudian tidak bermain HYIP dan mempelajarinya lebih dalam.

Setelah 1-2 bulan kemudian baru saya aktif lagi. Hasilnya? Alhamdulillah sekarang bisa jadi side income. Lalu bagaimana dengan bisnis internet saya yang lain? Saya berencana meninggalkannya karena tuntutan pekerjaan (yang semakin sibuk), tuntutan keluarga (saya harus meluangkan banyak waktu untuk keluarga saya) dan tuntutan pendidikan (karena saya sedang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar